suzuki

Senin, 22 Januari 2018

Subtitusi atau Persamaan Suku Cadang Kawasaki Binter Merzy KZ-200

Kawasaki KZ-200

Zona Motor, Kawasaki Binter Merzy KZ-200 tergolong motor yang sulit untuk mendapatkan suku cadang asli. Kawasaki Binter Merzy KZ-200 diproduksi dan dipasarkan di Indonesia sejak tahun 1980 sampai 1986 oleh perusaahaan bernama Bintang Terang (Binter). Untuk kali ini zator akan memberikan jalan keluar untuk kesulitan mencari suku cadang Kawasaki Merzy KZ-200 tanpa harus menunggu kanibalan dari motor Merzy KZ200 lainnya.

1. Untuk piston yang sering digunakan oleh pemilik motor Kawasaki Merzy KZ-200 adalah piston mobil Honda life bagi yang oversize silindernya sudah mentok diatas 1.00mm dan masih ingin memakai silinder aslinya. Tetapi sayangnya jika ingin membeli piston Honda life harus 1 set 3 biji piston sekaligus. Oleh sebab itu harus cari teman dulu untuk patungan beli piston Honda life.

2. Untuk bagian klep bisa menggunakan klep mobil Daihatsu Hijet1000, tetapi perlu sedikit modifikasi. Konon katanya batang klep mobil lebih bagus diaplikasi ke motor Kawasaki Merzy KZ-200

3. Untuk binter Merzy Kz-200 tahun produksi 1980 sampai 1983 yang masih menggunakan pengapian sistem platina, bisa menggunakan sistem pengapian DC untuk meminimalkan modifikasi. Lebih mudahnya dan banyak dilakukan oleh modifikator Binter Merzy KZ-200 memakai sistem pengapian DC milik Suzuki Shogun 110.

4. Untuk sistem pengisian (Magnet + Spool), bisa menggunakan milik Yamaha Jupiter MX135. Kelebihan Magnet Yamaha Jupiter MX-135 adalah memberikan solusi kepada pemilik Kawasaki Merzy KZ-200 yang ingin mengaktifkan kembali elektrik staternya yang biasanya terkendala dengan masalah roces.

5. Untuk kampas rem bisa menggunakan milik motor Yamaha RX-Special

6. Karbuartor Binter Merzy KZ-200 jika telah aus dan setelannya sulit, dapat menggunakan karburator Yamaha RX-King

7. Untuk dinamo stater Kawasaki KZ-200, dalemannya bisa diganti dengan isi dinamo starter milik Suzuki Satria FU 150.

8. Untuk kampas kopling bisa dibuatkan di tukang kampas mobil pinggir jalan, tetapi sampai saat ini kampas kopling Kawasaki KZ-200 masih agak banyak stock kampas kopling baik yang asli maupun yang KW di toko - toko spare part.

9. Kabel kopling putus..?? jangan risau, ganti dengan kabel kopling milik vespa saja, tinggal belikan nipel dan ukur panjangnya agar pas.