suzuki

Rabu, 22 November 2017

Masih Perlukah Masa Inreyen Pada Motor Baru ..??

inreyen motor

Zona Motor, Saat ini masih ada saja yang mepertanyakan tentang masa inreyen pada motor baru. Yang dimaksud masa inreyen adalah dimana mesin baru membutuhkan penyesuaian antar komponen yang bersinggungan atau bergesekan misalnya piston dan silinder. Biasanya dalam masa inreyen, motor tidak boleh mendapatkan beban berat dan mesin tidak diperbolehkan berputar dalam putaran tinggi.


Tetapi dengan berkembangnya teknologi bahan baku dan cara pembuatan komponen mesin, masa inreyen motor bisa dikatakan tidak dibutuhkan atau masa inreyen bisa diperpendek, yang biasanya masa inreyen mesin sampai 1.600Km, bisa cuma 200-500Km saja. Hal ini berkat teknologi pengerasan dinding silinder yang dipakai oleh beberapa tipe motor seperti pada motor Yamaha dengan DiASil dan pada motor Suzuki lebih dikenal dengan SCEM sedangkan pada motor Kawasaki dikenal dengan nama Electrofusion.


Dengan teknologi pengerasan silinder maka penyesuaian piston dan silinder tidak dibutuhkan waktu lama, karena semua sudah diukur dengan presisi dan tingkat pemuaian dan keausan komponen juga rendah. Keunggulan lainnya adalah transfer panas yang dihasilkan ruang bakar lebih cepat dilepaskan ke udara bebas atau dibawa oleh cairan pendingin mesin, jika dibandingkan dengan sistem liner besi yang diaplikasi oleh motor Honda.