suzuki

Rabu, 29 November 2017

Dibalik Kelebihan Lampu LED, Pasti Ada Kekurangannya

Lampu LED

Zona Motor, Saat ini pabrikan motor berlomba - lomba menawarkan fitur kekinian pada produk - produk barunya. Salah satunya adalah penggunaan lampu LED pada lampu utama maupun lampu belakang motor. Lampu LED mempunyai banyak keunggulan atau kelebihan dibandingkan lampu bohlam biasa (dop). Selain konsumsi daya listriknya irit, LED juga mempunyai ketahanan atau daya pakai yang lebih lama.

Tetapi dibalik keunggulan dan kelebihan penggunaan lampu LED, ada kekurangan diantaranya adalah cahaya lampu LED sulit untuk menembus hujan deras dan kabut. Padahal di Indonesia yang beriklim tropis, curah hujannya sangat tinggi, dan didaerah - daerah pegunungan sering diselimuti kabut yang cukup tebal.


Kekurangan lainnya adalah karena lampu LED menyatu dengan reflektornya, maka harganya jauh lebih mahal jika dibandingkan dengan motor yang menggunakan lampu bohlam. Jadi jika lampu yang menggunakan LED mengalami kerusakan, maka penggantian lampu berikut reflektornya. Akhirnya biaya perbaikan jatuhnya lebih mahal.