suzuki

Senin, 23 Oktober 2017

Beda Jaman Beda Tradisi Perlakuan Motor


Zona Motor, Masih banyak masyarakat di Indonesia memperlakukan motor dengan mesin modern jaman masa kini diperlakukan seperti halnya motor - motor jaman dahulu. Apalagi motor yang diproduksi saat ini hampir semuanya menggunakan teknologi injeksi bahan bakar yang sangat membutuhkan perlakuan dan perhatian khusus jika dibandingkan motor - motor jaman dahulu. Apa saja sih yang membedakan perlakuan motor jaman dahulu dengan motor jaman sekarang..??

1. Memanaskan motor pagi hari sampai lama
Kemungkinan besar dahulu orang - orang tua kita memanaskan motor dipagi hari dengan tujuan agar piston motor memuai sempurna, sehingga kompresi mesin menjadi padat. Hal ini tidak berlaku pada motor jaman sekarang, ini karena celah piston dan liner sudah dibuat serapat munkin dan pemuaian pada piston tidak seperti piston mesin jaman dahulu. Untuk memanaskan motor dipagi hari cukup kurang lebih 1 menit saja, tidak perlu lama. Hal ini dilakukan cuma untuk memberikan kesempatan oli mesin bersirkulasi. Efek buruk yang ditimbulkan pada saat mesin dibiarkan dalam keadaan stasioner terlalu lama adalah pelumasan mesin tidak akan sempurna, karena tekanan dari pompa oli tidak maksimal saat mesin pada putaran rendah.

2. Menstater mesin pakai kick stater saat kondisi kunci kontak off.
Setelah zator tanyakan kepada orang tua yang melakukan hal tersebut, jawabannya adalah agar oli mesin bersirkulasi terlebih dahulu sebelum mesin dihidupkan. Padahal pompa oli pada motor dapat bersirkulasi pada putaran mesin setidaknya minimal 1.200 rpm, jadi pompa oli tidak akan berfungsi jika cuma di kick stater. Apalagi teknologi oli jaman sekarang telah canggih, dapat membuat lapisan film pada komponen mesin, sehingga komponen mesin akan aman meskipun di start pada pagi hari.

3. Menambahkan aditif oli supaya oli lebih kental.
Penambahan aditif oli yang bertujuan agar oli mesin lebih kental merupakan tindakan salah besar. Motor jaman sekarang celah antar komponen mesin sangatlah kecil atau minim, sehingga jika mesin menggunakan pelumas atau oli yang kental maka akan membebani kinerja mesin itu sendiri. Dan efek yang timbul dengan penggunaan pelumas yang kental adalah performa mesin motor akan menurun dan akan berakibat konsumsi bahan bakar menjadi boros.

4. Memakai lampu tambahan pada motor
Hobi dari bikers di Indonesia sangat banyak salah satunya adalah memodifikasi motor agar terlihat keren dan sesuai dengan keinginan pemiliknya. Terkadang  ada juga yang hobi menambahkan aksesoris tambahan pada motornya, misalnya lampu tembak, klakson mobil dan lain sebagainya. Hal ini akan mengakibatkan beban aki motor semakin besar. Perlu diingat bahwa pompa injeksi pada motor sangat mengandalkan aki sebagai sumber daya awal untuk mendorong bahan bakar ke injektor. Apalagi motorsport masa kini ada yang cuma mengandalkan elektrik stater saat akan menghidupkan mesin. Jangan karena gaya, berakhir dengan mogoknya motor karena daya aki terkuras karena aksesoris motor.