suzuki

Jumat, 27 Oktober 2017

Ancaman Yamaha NMax Bukan Cuma Honda PCX Lokal Tapi Skuter Matic Suzuki Juga

Skuter matic premium

Zona Motor, Sudah hukum dagang dimana pasar yang ramai maka para pedagang akan berebutan menawarkan dagangannya. Begitu juga di dunia penjualan motor, pabrikan motor akan melirik pasar yang banyak disukai oleh konsumen. Dan untuk saat ini untuk pasar motor skuter matic premium atau big skuter matic di Indonesia sedang ramai, tetapi sayangnya cuma pabrikan Yamaha Motor Indonesia yang sampai saat ini memproduksi secara lokal skuter matic premiumnya. Sedangkan Honda dan Suzuki masih mendatangkan dari negara tetangga motor skuter matic premiumnya, sehingga harga jualnya masih relatif mahal.


Sebenarnya Honda telah lebih dahulu bermain di pasar motor skuter matic premium dengan Honda PCX 125-nya. Tetapi karena Honda PCX125 ataupun PCX150 masih impor, sehingga harganya bisa dikatakan masih terlalu mahal untuk masyarakat Indonesia. Begitu juga dengan Suzuki Burgman 200 yang masih impor dari negeri gajah putih Thailand, harganya dianggap terlalu mahal meskipun kapasitas mesinnya telah 200cc. Yamaha dengan kejeliannya membidik pasar, dengan memasarkan Yamaha Nmax yang harganya relatif lebih murah dari kedua pesaingnya

Pasar menyambut kehadiran Yamaha NMax dengan postif, penjualan Yamaha NMax langsung melonjak naik sejak awal peluncuran sampai saat ini. Tetapi beberapa saat yang lalu sinyalemen akan hadirnya Honda PCX versi lokal menguat dengan kepastian akan diluncurkan diawal tahun 2018. Ini akan membuka babak baru perebutan pasar yang dalam beberapa tahun ini dikuasai oleh Yamaha NMax.

Honda PCX lokal akan menjadi ancaman utama bagi Yamaha NMax. Jika belajar dari sejarah, bagaimana dahulu hebatnya penjualan Yamaha Mio sewaktu pasar skuter matic mulai diterima oleh masyarakat Indonesia, tetapi pada akhirnya saat ini pasar motor skuter matic terbesar dikuasai oleh pabrikan Honda. Dengan nama besar Honda dan jaringan penjualan motor terbesar di Indonesia, pihak Honda bisa saja kembali merebut pasar skuter matic premium dari tangan Yamaha seperti halnya yang terjadi motor pasar skuter matic entry level dan motorsport naked 150cc.

Sebenarnya bukan cuma Honda PCX lokal yang akan menjadi ancaman serius bagi penjualan Yamaha NMax. Karena sampai saat ini secara diam - diam kabarnya Suzuki Motor Indonesia tengah menyiapkan motor skuter matic barunya untuk dimasukkan ke pasar sukter matic premium. Sedangkan kita tahu pabrikan Suzuki mempunyai qualitas terbaik dan berani memasang harga lebih murah jika dibandingkan dengan para pesaingnya.