suzuki

Rabu, 06 September 2017

Suzuki FR70, Legenda Motor Bebek Pertama Suzuki di Indonesia


Zona Motor ID, Nama Suzuki telah mengakar kuat di Indonesia, terkenal karena kekuatan dan keawetan mesinnya, Suzuki juga terkenal akan kwalitas cat motornya yang tidak gampang pudar. Tapi tahukah sahabat zator bahwa Suzuki memasukkan secara resmi motor bebeknya pada tahun 1973 lewat PT. Indo Hero Steel & Engenering. Dan Suzuki mulai mendistribusikan motor bebeknya secara resmi pada tahun 1974. Motor bebek apakah yang secara resmi masuk ke Indonesia, bebek tersebut adalah Suzuki FR70 atau yang sering disebut dengan FR Jambul. Mungkin penamaan jambul bermula dari posisi speedometer SUZUKI FR70 yang lebih tinggi dari stang kemudi.


Suzuki memasarkan Suzuki FR70 sejak tahun 1974 sampai tahun 1980'an dan dilanjutkan dengan FR80 atau yang sering disebut dengan Suzuki Family. Memang sebelumnya ada beberapa motor bebek Suzuki yang masuk ke Indonesia seperti Suzuki U50 yang menurut informasi yang zator dapat adalah motor bantuan pemerintah Jepang pada Indonesia pada tahun 1968.

Suzuki FR70 mengusung mesin 2 tak, 69cc, berpendingin sirip udara dan sistem pelumasannya sudah terpisah dan memakai teknologi CCI, sehingga pelumasan pada mesin lebih optimal dan takarannya sesuai dengan putaran mesin, tanpa harus mencampur sendiri ke tangki bahan bakar.

Transmisi Suzuki FR70 menggunakan 3 percepatan dengan sistem kopling otomatis. Sistem pengapian masih menggunakan platina dengan arus yang berasal dari accu 6 volt yang juga berfungsi sebagai sumber arus listrik untuk lampu sein dan klakson.

Sistem pengabut bahan bakar menggunakan karburator dengan sistem pengatur aliran bahan bakar Rotary. Untuk power Suzuki FR70, tenaga maksimum mencapai  6.8 hp (5.1 kW)/ 5,500 rpm dan Torsi maksimumnya 8.04 Nm (0.82 kg-m)/ 4,500 rpm. Power dan Torsi ini dihasilkan dari perbandingan bore & stroke 49mm x 42mm

Mungkin itu saja sekilas tentang motor Suzuki FR70 yang zator ketahui, semoga bermanfaat..