suzuki

Kamis, 28 September 2017

Menguak keanehan, Keunikan, dan Kelebihan Suzuki RK-Cool 110

Suzuki RK Cool 100

Zona Motor ID, Mungkin generasi saat ini sedikit yang tahu dengan motor Suzuki RK-Cool, motor yang dimasukkan oleh PT. Indomobil Suzuki International pada tahun 2003'an, lebih tepatnya sekitar tahun 2002 sampai 2004. Motor ini mempunyai jenis 2-tak dengan kapasitas mesin 110cc bermesin tegak dengan sistem pendinginan sirip pendingin.

Bodi Suzuki RK-Cool mempunyai kemiripan dengan Suzuki Raider 125 yang bermesin 4-tak dan lahir pada era yang sama, misalnya : Setang Kemudi, Speedometer, Shockbreaker depan, Velg depan dan belakang, Rem, dan bodi belakangnya.

Suzuki RK Cool

Banyak keunikan terdapat pada motor Suzuki RK-Cool. Suzuki RK-Cool bermesin  tegak meskipun cuma berkapasitas mesin 110cc, Rangka tengah Suzuki RK-Cool sedikit membengkok untuk menyediakan ruang bagi mekanik saat menyervis karburator, meskipun rangka Suzuki RK-Cool Bengkok tetapi tidak mengurangi stabilitas motor itu sendiri. Transmisi Suzuki RK-Cool sudah memakai 5 percepatan dengan rotasi perpindahan percepatan sport 1-N-2-3-4-5.


Keanehan pada Suzuki RK-Cool adalah tidak terteranya tulisan atau logo Suzuki pada bak kopling ataupun bak magnet Suzuki RK-Cool. Tidak salah jika sebagian masyarakat menyangka Suzuki RK-Cool adalah motor buatan Cina. Tulisan Suzuki pada Suzuki RK Cool cuma tercetak pada stiker batok lampu depan dan kanan kiri kulit jok. Jika kulit jok telah diganti, maka tulisan Suzuki yang tersisa hanya pada pada batok lampu saja. Mengapa Suzuki RK-Cool seperti motor yang tidak diakui oleh Suzuki, ya..??


Kelebihan Suzuki RK-Cool adalah motor ini tidak perlu keluar duit banyak jika ingin tampil cakep. Ini karena Suzuki RK-Cool sudah dilengkapi dengan pernak - pernik atau aksesoris krom dari pabrik, seperti pelindung knalpot, pengaman kaki sehingga tampilan mirip motor kontes, heheheee...

Karena Suzuki RK Cool 110 dijual dalam waktu terbatas dan harganya mahal, maka peredaran motor ini hanya sedikit di Indonesia atau bisa dibilang langka. Oleh sebab itu harga dari Suzuki RK-Cool mulai merangkak naik seiring makin langkanya motor ini. Semakin langkanya Suzuki RK-Cool juga diakibatkan mutilasi dan kanibal komponen yang dilakukan beberapa pemilik Suzuki RK-Cool karena sulitnya mendapatkan suku cadang Suzuki RK-Cool.



MODEL : RK110SC-Z
DIMENSIONS : 670 X 1,945 X 975 MM.
DRY WEIGHT : 93 KG. 94 KG. 94.5 KG.
ENGINE TYPE : 2 STROKE AIR-COOLED
BORE X STROKE : 52.5 X 50.5 MM. 110 CC.
CABURATOR : MIKUNI VM17
START SYSTEM : KICK START
CLUTCH SYSTEM : WET
TRANSMISSION : 5 SPEED
FRONT SUSPENSION : TELECOSPIC
REAR SUSPENSION : MONOSHOCK
FRONT TIRE : 2.25-17-4PR
REAR TIRE : 2.50-17-6PR
FRONT BRAKE : DISC BRAKE
REAR BRAKE : DISC BRAKE
FUEL CAPACITY : 5 L.