suzuki

Kamis, 07 September 2017

Komparasi Suzuki All New Satria F150 FI dan Honda Sonic 150 R


Zona Motor ID, Meskipun penjualan motor tipe Hyper underbone atau sering juga disebut ayam jago mengalami kemerosotan tajam dibandingkan pada tahun 2010'an. Tetapi masih menarik untuk dibahas dan dikomparasikan. Kebetulan motor yang dipasarkan pada market ini cuma 2 pabrikan yang memasarkan, pabrikan Suzuki sebagai pemain lama dan Honda masuk ke market ini 2 tahun terakhir.

Dari segi bodi tidak banyak yang bisa dikembang dari motor hyper underbone, Honda Sonic R bodinya malah mirip dengan Suzuki Satria Fu150, dan Suzuki All New Satria F150 FI bodinya malah mirip dengan pesawat silumat milik Amerika Serikat. Lampu depan sudah sama - sama menggunakan LED, panel speedometer juga sama - sama telah menggunakan LCD, tetapi milik Suzuki All New Satria F150 FI lebih unggul karena LCD panel intrumen tampa sekat.


Yang sedikit membedakan pada motor yang terkenal berkarakter cepat atau agresif ini ada pada mesinnya. Honda Sonic R memilih menggunakan mesin DOHC satu tonjolan pada noken as dan dibantu dengan rocker arm untuk menekan 2 klep, baik pada klep isap maupun klep buang. Sedangkan Suzuki All Satria F150 FI tetap dengan idealismenya menggunakan mesin DOHC dengan 2 tonjolan pada setiap noken as yang berfungsi menekan langsung ujung klep atau biasa disebut dengan Twin Cam.

Perbandingan diameter dan langkah pistonnya pun berbeda. Jika Honda Sonic R menggunakan perbandingan hampir seimbang antara bore x stroke, sedangkan Suzuki All New Satria F150 FI lebih memilih diameter piston lebih besar dibandingkan jarak langkah piston, atau biasa disebut dengan overbore. Inilah mengapa mesin dari Suzuki All New Satria F150 FI putarannya bisa lebih tinggi jika dibandingkan dengan Honda Sonic R.

Sedangkan silinder kedua motor ini juga menggunakan bahan yang berbeda. Honda Sonic R masih menggunakan selongsong besi sebagai silindernya, tetapi telah menggunakan teknologi Spiny Sleeve untuk mencegah silinder lepas dan transfer panas dari silinder ke water jacket lebih baik. Sedangkan Suzuki All New Satria F150 FI lebih memilih pengerasan silinder langsung atau lebih dikenal dengan teknologi SCEM pada silindernya, sehingga transfer panas pada silinder jauh lebih baik dan berat silinder lebih ringan.