suzuki

Kamis, 07 September 2017

Kawasaki KZ200 Merzy, Disuka Karena Mudah Dimodifikasi

Binter Merzy

Zona Motor ID, Pada tahun 1980'an, motor Kawasaki masuk ke Indonesia lewat distributor perusahaan bernama Bintang Terang atau biasa disebut dengan Binter. Selain memasukkan motor 2 tak seperti halnya Kawasaki KH, GTO dan lain sebagainya. Bintang Terang juga mengimpor motor Kawasaki KZ200 atau yang lebih dikenal dengan Binter Merzy.

Binter Merzy mempunyai kapasitas mesin 200cc SOHC overbore berpendingin udara. Selain itu Binter Merzy juga dilengkapi dengan elektrik starter, pass dim, dan balance engine untuk tahun pembuatan 1983 sampai dengan 1986. Untuk mesin tahun pembuatan 1980-1983, pengapian Binter Merzy masih memakai sistem pemutus arus manual atau platina, sedangkan Binter Merzy tahun pembuatan 1983-1986 telah memakai pengapian elektronik (CDI).


Mengapa Binter Merzy di suka oleh para Modifikator beraliran Chopper..??

Ada beberapa alasan para modifikator menggunakan basic motor Kawasaki KZ200 atau Binter Merzy, diantaranya adalah bentuk mesinnya yang tegak vertikal dan bentuk bak magnetnya yang berbentuk segitiga sangat menyerupai dengan motor - motor eropa jaman dahulu. Kapasitas dan torsi mesin Binter merzy yang lumayan besar juga menjadi alasan modifikator memilih Binter Merzy sebagai penuangan ide modifikasinya. Selain itu juga pipa rangka dari Binter Merzy yang tebal juga menjadi alasan, dengan merubah atau memotong rangka asli, modifikator Binter merzy yakin Main Frame mampu untuk menopang subframe modifikasi.
Merzy Cobra CDI


Merzy Platina