suzuki

Minggu, 27 Agustus 2017

Solusi Langkanya Spare Part Suzuki

Zona Motor ID, Suka tidak suka pemilik motor Suzuki sebagian besar masih dirundung masalah dengan ketersediaan suku cadang motor Suzukinya dipasaran. Apalagi saat ini penjualan motor Suzuki tidak sebanyak pada tahun 90'an, dan suku cadang Suzuki terkenal keawetannya, sehingga berdampak enggannya toko spare part dalam menyediakan suku cadang untuk motor Suzuki.


Untuk mengandalkan jaringan 3S Suzuki pun rasanya berat, mereka tidak akan mau untuk menyetok suku cadang motor terlalu banyak. Selain membutuhkan modal yang tidak sedikit, sebagian besar stok suku cadang motor lama Suzuki masih numpuk di gudang. Ini juga faktor yang mempengaruhi keengganan jaringan 3S Suzuki menyediakan stok spare part, rata - rata mereka akan melakukan inden jika ada pembelian spare part jika tidak ada stok di jaringan 3S Suzuki.

Lalu bagaimanakah solusi dari langkanya ketersediaan spare part Suzuki agar konsumen tidak terlalu lama inden di jaringan bengkel resmi Suzuki. Malah terkadang pemilik toko online lebih ready dalam penyediaan suku cadang Suzuki, tetapi jika membeli di toko online atau juragan - juragan spare part di sosial media harus dikenakan ongkos kirim yang menghitung jauh dekatnya jarak pengiriman.

Awal tahun lalu, zator pernah memberikan saran kepada petinggi Suzuki untuk membuat akun khusus pemesanan spare part secara online. Untuk pembayaran untuk lebih mudahnya bisa melalui kantor pos atau indomart ataupun alfamaret seperti halnya bukalapak dot com, sehingga tidak perlu transfer uang lewat Bank.

Solusi kedua dengan memangkas distribusi spare part. Jika dahulu Suzuki pernah menempatkan perwakilannya hampir di setiap daerah agar pendistribusian motor lebih cepat, dengan cara PT.SIS menempatkan gudang - gudang transit untuk unit motornya disetiap provinsi. Ini juga bisa diaplikasi pada pendistribusian spare part Suzuki. Dengan menempatkan perwakilan Suzuki untuk bagian spare part di setiap ibukota provinsi, dengan cara seperti itu akan mempermudah konsumen mendapatkan spare part Suzuki dengan cepat, tanpa harus menunggu indenan spare part milik dealer banyak dulu baru melakukan pemesanan ke pihak Suzuki di Jakarta.