suzuki

Minggu, 16 Juli 2017

Fungsi Ketinggian Ban Motor


Zona Motor ID, Fungsi ketinggian ban adalah untuk membantu shockbreaker meredam guncangan pada saat melalui jalanan yang tidak rata dan menahan agar velg tidak berbenturan dengan bidang yang keras secara langsung. Oleh sebab itu bahan untuk dinding ban lebih tipis jika dibandingkan tapak ban, maksud dan tujuannya agar dinding ban bisa elastis untuk meredam guncangan. Semakin tinggi ukuran ketinggian ban semakin baik menahan guncangan ban. Tetapi idealnya adalah seukuran dengan tinggi tapak ban itu sendiri (ban imperial).

Kode ketinggian ban biasanya bisa dilihat dari kode disamping ban motor. Untuk tipe konvensional atau Imperial, ketinggian ban mengikuti lebar tapak ban. Misalnya ban motor dengan kode 3.00-17, berarti lebar tapak ban berukuran 3 inchi dan ketinggiannya juga mengikuti ukuran tapak ban (3 inchi). Berbeda dengan ban motor tipe metrik yang biasanya menggunakan satuan ukur milimeter, contohnya 110/90-17, ini berarti ukuran tapak ban 110 milimeter dan 90 menandakan ukuran ketinggian ban dalam persen, maksudnya 90 persen dari lebar tapak ban atau 99 milimeter.  

Keunggulan ban yang memiliki ketinggian ban rendah adalah pada saat menikung gejala limbung pada motor sangat minim jika dibandingkan ban yang memiliki ketinggian sama dengan ukuran tapak ban (ban imperial). Selain itu, keunggulan dari ban dengan ketinggian rendah adalah ban dapat berbentuk donat sehingga motor masih bisa menapak sempurna meskipun motor dibuat miring - miring. Tetapi Kerugian dari ban yang memiliki ketinggian ban rendah adalah redaman ban disaat melalui jalanan rusak kalah bagus dengan ban imperial.