suzuki

Senin, 26 Juni 2017

Suzuki FXR150 Mengusung Fitur dan Teknologi Canggih di Jamannya


Zona Motor ID, Sekitar tahun 1997 Suzuki Indonesia pernah mendatangkan motor yang sangat fenomenal sekali dari Suzuki Lion Malaysia secara (CBU) built up. Selain mempunyai fitur dan teknologi canggih pada saat itu, Suzuki FXR150 juga mempunyai harga jual yang fantastis. Pada saat itu Suzuki FXR150 dijual sekitar 32 juta rupiah (OTR Jakarta) dan dijual terbatas. Karena animo masyarakat Indonesia lumayan tinggi, maka Suzuki FXR150 dibuat CKD pada tahun 2002 dan harganya turun menjadi 24 jutaan.


Suzuki FXR150 memang motor yang di jual secara terbatas, karena di seluruh dunia dijual tidak sampai 1.000 unit. Dan penjualan terbesar berada di Indonesia dengan mencapai angka penjualan 600 unit. Untuk di Malaysia dimana Suzuki FXR150 berasal, cuma menjual sekitar 100 unit saja. Di negara Argentina, New Zeeland dan beberapa negara lainnya, total penjualan tidak sampai 200 unit.


Suzuki FXR150 mempunyai fitur canggih salah satunya adalah Speedomter yang telah memakai LCD digital. Sebelum tahun 2000-an, motor - motor yang dijual resmi di Indonesia masih menggunakan speedometer analog yang menggunakan gigi penggerak untuk menggerakkan jarum speedometer. Shockbreaker depannya menggunakan sistem teleskopik berdiameter besar, sehingga redaman guncangan pada motor akibat jalanan yang tidak rata atau saat pengereman sehingga motor terdorong kedepan teredam sempurna.


Sistem pengereman Suzuki FXR150 juga telah menggunakan sistem cakram hidrolis pada roda depan dan belakang, malah pada roda depan telah menggunakan cakram ukuran besar atau biasa disebut dengan giga disk. Suzuki FXR150 tidak menggunakan Full Fairing, karena terpotong ditengah antara fairing atas dan undercowl. Selain bermaksud agar pendinginan mesin lebih maksimal, sepertinya Suzuki ingin menunjukkan bahwa mesin 150cc DOHC FXR150 besar.

Frame Suzuki FXR150 juga telah menggunakan tipe Twinspar dengan ukuran main frame yang besar, hal ini menjamin rangka motor lebih solid meskipun rangka model ini terlalu kaku untuk meliuk - liuk dipegunungan. Sedangkan swing arm Suzuki FXR150 menganut model banana atau lengan ayun model pisang yang ngetren pada tahun 90'an eranya motor 2 tak. Tetapi sayangnya swing arm Suzuki FXR150 tidak dilengkapi dengan link seperti halnya Suzuki RGR150, sehingga getaran dari roda belakang kadang masih terasa.


Mesin Suzuki FXR150 mempunyai teknologi Twin Swirl Combustion Chamber (TSCC) yang telah di patenkan oleh pabrikan Suzuki dan teknologi kedua yang ada pada Suzuki FXR150 adalah Twin Dome Combustion Chamber (TDCC). Kedua teknologi ini menjadikan motor lebih bertenaga karena campuran bahan bakar dan udara lebih homogen atau tercampur sempurna. Untuk Timing Chain, Suzuki FXR menggunakan tipe silent chain 3 lapis yang lebih kuat dan menjadikan suara mesin lebih halus.


Pendinginan mesin Suzuki FXR150 menggunakan sirip pendingin dengan bantuan oil cooler sebagai media pendingin pelumas pada mesin Suzuki FXR150. Untuk menghilangkan kesan boros bahan bakar, Suzuki FXR150 menggunakan karbuartor sistem vakum, Mikuni BS29.


Mungkin itu saja ulasan zator tentang Suzuki FXR150, mudah - mudahan bermanfaat....