suzuki

Rabu, 21 Juni 2017

Ngaku DNA motoGP tapi Gennya kok Beda


Zona Motor ID, Hampir setiap motorsport yang dipasarkan di Indonesia memakai embel - embel DNA motoGP pada setiap promosi motorsportnya. Ketiga pabrikan motor Yamaha, Honda dan Suzuki sama - sama menggunakan motoGP sebagai alat promosi mereka, cuma kawasaki yang tidak mengklaim motornya mengandung DNA motoGP. Padahal yang fokus jualan motorsport di Indonesia adalah pabrikan Kawasaki.


Ambil contoh saja Honda CBR150R yang paling getol dalam mempromosikan motornya sebagai titisan atau mengambil DNA motoGP sebagai basic pengembangan mesin motornya. Tetapi sayangnya, mengapa di motoGP Honda memakai mesin Honda RC213V, tetapi yang dipasarkan memakai kode tipe CBR150R. Sedangkan kita tahu bahwa tipe motor CBR lebih dikenal dipakai pada ajang balap World Superbike dengan menggunakan motor Honda CBR1000RR. Harusnya lebih masuk akal jika Honda menuliskan DNA WSBK daripada DNA motoGP yang tipe mesinnya berbeda.


Contoh kedua Yamaha YZF155-R15, yang juga menggunakan motoGP dalam setiap promosinya dan mengedepankan V.Rossi untuk mendongkrak penjualannya. Tetapi tipe kode mesin Yamaha YZF155-R15 berbeda dengan kode tipe mesin Yamaha yang dipakai pada motoGP yang menggunakan kode tipe mesin YZR-M1. Malah kode tipe YZF155-R15 mirip dengan motor Yamaha yang juga berlaga di World Superbike atau motor yang diproduksi massal, Yamaha YZF-R1. Nah, loh..


Yang terakhir giliran Suzuki GSX-R150 yang keluar belakangan juga ikut - ikutan dalam promosinya memakai embel - embel DNA MotoGP. Tapi kalau Suzuki lumayanlah ada kemiripan dengan kode tipe mesin yang dipakai pada motoGP, Suzuki GSX-RR. Kemungkinan besar kesamaan kode tipe dikarenakan Suzuki GSX-RR dikembangkan dari mesin Suzuki yang diproduksi massal yaitu Suzuki GSX-R series.