suzuki

Selasa, 13 Juni 2017

Komparasi Skuter Matic Adventure Yamaha X-Ride125 dan Honda BeAT Street

Yamaha X-Ride 125

Zona Motor ID, Beberapa hari yang lalu Yamaha Motor Indonesia meluncurkan motor barunya Yamaha X-Ride 125. Motor bergenre Skuter Matic Adventure ini pertama kali diperkenalkan oleh Yamaha Motor Indonesia beberapa tahun yang lalu. Dan kali ini Yamaha Motor Indonesia memberikan penyegaran pada tampilan dan kapasitas mesinnya diperbesar menjadi 125cc.


Lawan terdekat dari Yamaha X-Ride 125 yang bergenre sama skuter matic adventure adalah Honda BeAT Street. Tetapi sayangnya pihak Honda seperti setengah hati dalam menciptakan teman sepermainan Yamaha X-Ride. Awalnya pencinta motor Honda memperkirakan PT Astra Honda Motor akan memasukkan Honda Zoomer X, tetapi apalah daya yang muncul adalah Honda BeAT Street yang bisa dikatakan modifan dari motor BeAT eSP biasa .


Yamaha X-Ride 125 baru menggunakan Lampu utama dan stop lamp LED, sehingga penerangan pada malam hari lebih terang jika dibandingkan dengan bohlam biasa. Keunggulan lainnya penggunaan LED adalah daya tahan lampu LED lebih tahan lama dan tidak menimbulkan panas berlebih seperti bohlam biasa.

Sedangkan jok Yamaha X-ride 125 dibuat landai dan rata, hal ini untuk memudahkan pengendara mengatur posisi duduk paling nyaman. Untuk bagian bodi lumayan sedikit bongsor jika dibandingkan dengan Yamaha X-ride seri sebelumnya, ini berbanding terbalik dengan Honda BeAT Street yang memilih bodi ramping.

Pada bagian speedometer Yamaha X-ride 125 dibuat praktis, informatif dan mudah dipantau pengendara disaat berkendara. Di panel speedometer juga dilengkapi penunjuk jumlah kapasitas bahan bakar dalam tangki motor, indikator lampu jauh, indikator lampu sein, indikator pompa injeksi bahan bakar dan yang terbaru adalah indikator ECO mode yang akan membuat pengendara berkendara lebih ekonomis. Untuk Speedometer BeAT Street lebih modern dengan tampilan LCD minimalis berwarna orange.


Untuk bagian kaki - kaki Yamaha X-Ride 125 lebih berotot jika dibandingkan Honda BeAT Street. Suspensi depan memakai shockbreaker teleskopik dan belakang memakai shockbreaker dengan spring besar dan lebih panjang. Hebatnya lagi shockbreaker belakang dilengkapi dengan tabung oli ganda untuk mengahsilkan redaman yang lebih lembut.

Pada bagian mesin, sepertinya Yamaha Motor Indonesia benar - benar akan beralih ke mesin skuter matic-nya ke 125cc. Dengan teknologi Blue Core menjadikan mesin Yamaha lebih efisien meskipun memiliki kapasitas mesin yang lebih besar. Yamaha X-Ride 125 menghasilkan tenaga 9,4Hp / 8.000rpm dan torsi 9,6Nm / 5.500rpm. Sedangkan Honda BeAT Street mempunyai power 8,5Hp / 7.500rpm dan torsi 9,01Nm / 6.500rpm.