suzuki

Kamis, 18 Mei 2017

Pertarungan Sport Naked 150cc, Suzuki GSX-S150, Honda CB150R, dan Yamaha All New V-ixion dan All New V-ixion R

Zona Motor ID, Market sport naked memanglah menggiurkan, karena market sport naked penyumbang penjualan terbanyak pada pasar motorsport di Indonesia. Tidak salah jika Yamaha motor Indonesia menelurkan 2 tipe baru sekaligus, Yamaha All New V-ixion dan Yamaha All New V-ixion R. Sepertinya jika dilihat spesifikasinya pihak Yamaha Indonesia langsung membidik 2 rivalnya sekaligus, Yamaha All new V-ixion untuk bertarung dengan Honda CB150R dan Yamaha All New V-ixion R dipersiapkan untuk bertarung dengan Suzuki GSX-S150 yang telah keluar lebih dulu.

Tetapi sayangnya Yamaha All New V-ixion dijual dengan harga yang lumayan tinggi, bahkan lebih tinggi jika dibandingkan dengan kedua rivalnya. Yamaha All New V-ixion saja dijual dengan harga Rp.26.000.000,-, lebih mahal Rp. 600.000,- jika dibandingkan dengan Honda CB150R dan lebih murah Suzuki GSX-S150 dengan selisih harga sekitar Rp. 2.100.000,-. Ini masih Yamaha All new V-ixion, bagaimana nantinya dengan Yamaha All new V-ixion R, pastinya perbedaan harga akan lebih lebar lagi nantinya.


Untuk market sport naked bukan fitur yang ditonjolkan, karena sport naked lebih menawarkan kepada kenyamanan berkendara dan harga yang murah. Karena motor berjenis sport naked mayoritas digunakan oleh masyarakat sebagai motor harian yang digunakan untuk beraktifitas sehari - hari.

Dibagian mesin masing - masing pabrikan motor menawarkan kelebihannya, Honda CB150R menawarkan mesin DOHC dengan bantuan rocker arm dan silinder dengan sistem spiny sleve yang menjaga agar boring tidak lepas dari rumahnya. Suzuki GSX-S150 masih dengan mesin the real DOHC nya yang serba praktis dan Suzuki juga memberikan silinder tahan gores SCEM. Untuk Yamaha menawarkan 2 pilihan, mesin pertama 150cc SOHC dengan silinder DiASil yang membantu mesin melepaskan panas dengan cepat, sedangkan pilihan kedua mesin dengan SOHC VVA 155cc yang digunakan pada Yamaha All New R15.


Pada bagian kopling Yamaha menyematkan teknologi Asisst & Slipper clutch pada Yamaha V-ixion baru yang berfungsi untuk meringankan kerja kopling dan mengurangi tenaga turun secara drastis pada saat motor putaran mesinnya turun drastis. Pabrikan Suzuki tetap mengandalkan teknologi Suzuki Advanced Power Engagement Clutch System atau lebih dikenal dengan SAPECS, teknologi ini hasil penyempurnaan dari teknologi sebelumnya (PECS) yang disematkan oleh Suzuki pada motor - motor 2 tak-nya yang fungsinya mirip dengan Asisst & Slipper clutch. Untuk Honda CB150R belum jelas memakai teknologi apa pada sistem koplingnya