suzuki

Senin, 22 Mei 2017

Komparasi Moped Murah, Yamaha Force FI, Honda revo FI dan Suzuki Smash FI


Zona Motor ID, Motor moped atau di Indonesia sering disebut motor bebek pernah menguasai market penjualan motor di Indonesia, tetapi saat ini penjualan motor bebek semakin lama semakin  tergerus dengan semakin boomingnya motor skuter matic. Meskipun pabrikan Yamaha dan Honda mensiasati dengan memunculkan bebek super Yamaha MX-King dan Supra GTR, masih belum bisa mendongkrak kembali penjualan motor bebek di Indonesia.

Tetapi ada sisi menarik jika kita membahas motor bebek. Karena motor bebek masih banyak digunakan untuk aktifitas perdagangan seperti pedagang sayur keliling, tukang ojek, pegawai koperasi dan lain sebagainya yang membutuhkan motor handal dan irit bahan bakar. Oleh karena itulah saat ini zator ingin membahas tentang motor bebek yang saat ini masih tetap dipertahankan oleh pabrikan motor.

Pabrikan motor di Indonesia masih melirik dan melihat sedikit ada peluang di segmen motor bebek. Pabrikan rata - rata masih mempertahankan motor bebek entry level yang berharga murah. Pembeli motor segmen ini mayoritas lebih mengedepankan fungsi dibandingkan gengsi, karena pembelian motor bukan untuk style tetapi untuk mendukung aktifitasnya sehari - hari. Dan rata - rata pembelinya sangat jeli memperhitungkan, harga, perawatan dan keawetan mesin yang akan dibelinya.


Di segemen motor entry level 3 pabrikan motor sama - sama memunculkan galdiatornya : Yamaha Force FI, Honda Revo dan yang terakhir Suzuki Smash FI. Mari kita bahas dari ketiga motor tersebut yang rata - rata cuma beda tipis jika kita membahas tentang tenaga motor, dan jika kita membahas tentang tampilan motor juga tergantung dari selera pembeli motor tersebut.

Untuk mesin Yamaha Force FI mempunyai tenaga 8,6Hp/7.000rpm, sedangkan Honda Revo mempunyai power 8,8Hp/7.500rpm dan untuk Suzuki Smash FI mempunyai tenaga yang pali besar sebesar 9,2HP/8.000rpm. Untuk Torsi atau momen puntir Yamaha Force FI menjadi juara dengan 9,53Nm/5.500rpm dan Honda Honda Revo FI kekuatan nanjaknya mencapai 8,76Nm/6.000rpm, sedangkan Suzuki Smash FI 9,1Nm/6.000rpm.



Untuk pilihan warna Yamaha Force FI mempunyai 3 pilihan warna Hitam, putih - hitam, dan merah - hitam, Honda Revo FI mempunyai pilihan warna monotone Hitam dan Putih, sedangkan Suzuki Smash FI mempunyai 3 pilihan warna Merah - hitam, Hitam dan Hijau - Putih - Hitam.

Sedangkan harga untuk Yamaha Force FI Cast Wheel dijual dengan harga Rp. 15.350.000,-, Honda Revo Cast wheel Rp. 15. 275.000,- untuk versi Spoke Wheel Rp. 14.375.000,-, dan untuk Suzuki Smash FI cast wheel dijual dengan harga Rp. 12.850.000 untuk spoke wheel dan Rp.13.650.000,- untuk Suzuki Smash FI Cast Wheel. Semua harga mengacu pada harga penjualan on the road Jakarta.