suzuki

Rabu, 10 Mei 2017

Komparasi Harga Yamaha All New R15 dengan Kompetitornya



Zona Motor ID, Genderang perang pada kelas motorsport 150cc mulai ramai setelah Yamaha menelurkan produk barunya Yamaha All New R15 yang diklaim banyak dijejali teknologi dan fitur baru dikelas motorsport 150cc, misalnya Variable Valve Actuation (VVA) yang berfungsi menggeser posisi tonjolan cam dengan frofil yang berbeda sehingga mesin motor akan menjadi lebih irit dan bertenaga. Teknologi lainnya yang terpasang pada Yamaha All New R15 adalah Assist & Slipper clutch yang berfungsi mengurangi gejala engine brake yang berlebihan pada saat mesin deselerasi. Selain itu fungsi Assist & Slipper clutch adalah untuk meringankan tarikan tuas kopling karena Assist & Slipper clutch juga berfungsi sebagai servo.

Selain itu Yamaha All New juga telah memakai Shockbreaker depan model up sidedown yang mendongkrak tampilan lebih gagah karena posisi tabung shockbreakernya berada diatas. Selain itu juga Yamaha All New R15 telah menggunakan swing arm banana yang secara tampilan lebih gagah jika dibandingkan swing arm kotak biasa. Tetapi sayangnya beberapa saat yang lalu swing arm banana milik Yamaha Xabre yang sama dengan milik All New R15 menjadi viral karena mengalami patah.

Terlepas dari semua teknologi dan fitur yang diusung oleh Yamaha All New R15, yang patut disayangkan oleh zator karena Yamaha All New R15 masih menggunakan mesin single overhead camshaft (SOHC) dan rangka lama deltabox yang terbukti terlalu berat untuk motorsport 150cc. Sehingga jika dibandingkan dengan Suzuki GSX-R150, nilai akhirnya yang didapatkan power weight ratio masih unggul Suzuki GSX-R150.

Untuk selanjutnya mari kita bandingkan harga Yamaha All New R15 dengan kompeitornya. Yamaha All New R15 untuk wilayah Jakarta dijual dengan harga Rp. 34.500.000,-. Jika dibandingkan dengan Suzuki GSX-R150 yang dijual dengan harga 27.900.000,-, perbedaannya sangat mencolok dengan perbedaan harga Rp. 6.600.000,-. Dan jika kita bandingkan dengan Honda All New CBR150R standar, perbedaan harga cuma Rp 2.000.000,-, karena Honda All New CBR150R dijual dengan harga Rp. 32.500.000,-.

Pertanyaan terahir adalah pantaskah Yamaha All New R15 dijual dengan harga Rp. 34.500.000,-. Sedangkan perbedaan yang paling mencolok adalah cuma shockbreaker depan memakai up sidedown, sedangkan rivalnya Suzuki GSX-R150 juga mempunyai fitur andalan Keyless atau kunci pengaman motor yang menggunakan remote dan harga keyless juga tidak murah sekitar 2 juta rupiah jika dibandingkan dengan kunci kontak berpengaman magnet. Pilihan sepenuhnya ditangan konsumen, silahkan dipilih karena motorsport 150cc berkasta tertinggi berada di kelas ini.