suzuki

Kamis, 25 Mei 2017

Komparasi Bebek Sport atau Bebek Super antara Yamaha MX150 dan Honda Supra GTR150

Honda Supra GTR150 Yamaha MX150

Zona Motor ID, Sebenarnya pabrikan yang mengawali terciptanya pasar bebek super atau bebek sport adalah Yamaha dengan Jupiter MX-nya. Pada saat itu Yamaha Jupiter MX bermain sendirian dikelas ini dengan kapasitas mesin 135cc. Pada saat itu sebuah lompatan besar yang dilakukan Yamaha disaat Honda dan Suzuki bertarung dikelas bebek 125cc dengan Honda Supra 125 dan Suzuki Shogun 125.


Tetapi seiring berjalannya waktu Yamaha meningkatkan kapasitas mesin Yamaha Jupiter MX menjadi 150cc. Sedangkan basic mesin yang dipakai oleh Yamaha Jupiter MX adalah milik Yamaha V-ixion. Beberapa saat yang lalu Honda juga menelurkan bebek supernya dengan nama Honda Supra GTR150. Seperti halnya Yamaha, Honda pun mengadopsi mesin Honda Supra GTR dari Honda CB150R.


Seperti halnya pasar motor hyper underbone atau ayam jago yang mengalami kejenuhan setelah sekian lama dipasarkan di Indonesia. Penjualan motor bebek super atau bebek sport juga mengalami banyak penurunan. Tetapi tidak masalah jika kita bahas saat ini, toh motornya masih sama - sama dipasarkan sampai saat ini.


Untuk mesin Yamaha MX150 menggunakan tipe SOHC 4 klep dengan 5 percepatan dan berpendingin radiator. Sedangkan Honda Supra GTR150 menggunakan mesin tipe DOHC with Rocker arm 4 klep dengan 6 percepatan dan juga berpendingin radiator. Sedangkan untuk power, torsi dan dimensi perbedaanya sangat tipis sekali bagaikan pinang dibelah kampak.