suzuki

Jumat, 20 Januari 2017

Twin Dome Combustion Chamber dan Twin Swirl Combustion Chamber


Zona Motor ID, Twin Dome Combustion Chamber adalah teknologi kubah ruang bakar yang dibentuk sedemikian rupa untuk menghasilkan pusaran ganda pada ruang bakar, sehingga menjadikan mesin lebih bertenaga. Sedangkan Twin Swirl Combustion Chamber adalah pusaran ganda pada ruang bakar mesin motor Suzuki yang dipatenkan dengan nomor patent : 771502


Twin Swirl Combustion Chamber adalah pusaran ganda yang dihasilkan dari bentuk ruang bakar dan sistem saluran masuk gas baru dan keluar dari gas buang. Posisi dari klep juga menentukan terciptanya pusaran ganda pada ruang bakar. Dan teknologi ini diaplikasi pada motor Suzuki yang berkapasitas mesin besar maupun kecil, diantaranya motor yang pernah di jual di Indonesia adalah Suzuki Raider 125, Suzuki FXR150, dan Suzuki Thunder 250.


Syarat utama terbentuknya pusaran ganda pada ruang bakar mesin motor adalah jumlah klep ada 4, 2 klep masuk dan 2 klep buang.  Agar pusaran gas baru tidak berbenturan, maka sudut klep lebih tegak jika dibandingkan dengan sudut klep motor pada umumnya, oleh sebab itu TSCC lebih mudah diaplikasikan pada mesin DOHC karena sudut klep bisa lebih tegak jika dibandingkan dengan mesin SOHC.


Selain klep yang posisinya lebih tegak, saluran masuk juga dibuat tegak, bahkan ada kesan seperti menekuk tajam. Saluran masuk ini berbeda dengan saluran masuk pada motor kebanyakan yang dibuat landai mengikuti sudut klep. Saluran masuk dibuat tegak agar pusaran ganda yang terbentuk tidak bertabrakan ditengah. Dan inilah alasan mengapa busi motor yang menganut sistem TSCC posisi businya ada ditengah, agar pemabakaran gas baru lebih sempurna dan dorongan piston lebih fokus ketengah, tidak menyamping.