suzuki

Sabtu, 14 Januari 2017

Mesin Yamaha R15 V3.0 satu basic dengan Yamaha N-Max


Zona Motor ID - Kabar-kabari Yamaha R15 version 3.0 mulai meredup, apakah ini dikarenakan Yamaha R15 version 3.0 tidak sesuai dengan harapan para Yamaha Lover's. Karena pada saat sebelum keluar di permukaan dengan penampakan - penampakan saat sesi tes di jalan, isu yang berhembus Yamaha R15 baru akan memakai mesin DOHC dan tenaganya akan jauh lebih unggul jika dibandingkan dengan Suzuki GSX-R150.

Meskipun masih belum diumumkan secara resmi spesifikasi dari Yamaha R15 version 3.0, tetapi jika dilihat dari clue-nya yang memakai variable valve actuation hampir bisa dipastikan mesin dari Yamaha R15 version 3.0 akan memakai basic mesin Yamaha N-Max. Mengapa bung Zator memperkirakan mesin dari basic mesin yang sama. Coba kita lihat sejarah pabrikan Yamaha yang selalu menggunakan basic mesin yang sama sejak kemunculan Yamaha MX-King, Yamaha V-ixion, dan Yamaha R15 yang beredar saat ini semua menggunakan basic mesin yang sama.

Ayo kita coba tengok sebentar bagaimana dengan spesifikasi dari Yamaha N-Max yang bung Zator perkirakan akan digunakan pada Yamaha R15 version 3.0. Perbandingan diameter dan langkah piston hampir sama, tetapi masih tergolong overstroke karena diameter piston 58mm dan langkahnya 58,7mm. Kekurangan dari mesin overstroke adalah sulitnya meningkatkan tenaga mesin. Apalagi dengan sistem penggerak katup SOHC yang masih memerlukan rocker-arm sehingga sudut klep atau katup melebar, kerugiannya adalah tidak dapat menggunakan payung klep yang lebar. Sedangkan kita tahu payung klep adalah pintu masuk gas baru, semakin lebar payung klep semakin besar juga debit udara dan bahan bakar yang tersedot keruang bakar.