suzuki

Kamis, 22 Desember 2016

All New YZF-R15 Tidak Segarang Isu Yang Berhembus


ZonaMotorID - Beberapa hari yang lalu para Netizen dihebohkan dengan kemunculan penampakan dari All New YZF-R15 yang lagi menjalani uji jalan. Tetapi menurut bung Zator pribadi, hal ini adalah suatu kesengajaan untuk menggangu dan memecah konsentrasi para pencinta otomotif yang sekarang lagi fokus menunggu kemunculan Suzuki GSX-R150. Sesuai dengan perkiraan bung Zator nantinya akan ada perang fitur, performa mesin, karena meskipun berada dalam satu market sport 150cc, tetapi jenis mesinnya berbeda.

Untuk mesin Yamaha All New YZF-R15 direncanakan memakai mesin SOHC VVA, hal ini tidak segarang isu yang dihembuskan sebelumnya yang akan memakai mesin DOHC dan tenaganya akan mengimbangi tenaga Suzuki GSX-R150. Meskipun ada penambahan tenaga dari mesin sebelumnya itupun tidak akan signifikan apalagi jika Yamaha masih mengandalkan mesin overstroke yang sulit untuk mencapai RPM tinggi. Karena mesin overstroke memang cocoknya untuk motor berjenis enduro atau sport touring.

Kalau bung Zator perhatikan, All New YZF-R15 ini punya satu nilai plus dibandingkan yang lain, yaitu Shockbraker depan yang telah menganut model Up Sidedown. Speedometer sudah sama - sama full LCD, kemudi underyoke sama dengan milik Suzuki GSX-R150. Kalau swing arm model banana sebenarnya trennya telah lewat, tren swing arm banana pernah ngetren sebelum tahun 2000 yang mengadopsi dari swing arm motor 2 tak, karena awal terciptanya swing arm banana adalah untuk menempatkan tabung knalpot 2 tak agar mendapatkan ruang lebih.

Untuk bodi All New YZF-R15 serba kotak, berbeda dengan GSX-R150 yang bagian ekornya serba membulat dan berbeda juga dengan All New CBR150R yang serba runcing bodinya. Dan jika dilihat dari penampakannya semua telah menganut model minimalis, tidak seperti sebelumnya yang memakai full fairing kebesaran.